Home » Lipu Papalan » Banggai Darat » Wabup Banggai Buka Seminar Nasional Kearifan Lokal, Ketua Tim Peneliti Berterimakasih atas Support Pemda
pasang-iklan-atas

Wabup Banggai Buka Seminar Nasional Kearifan Lokal, Ketua Tim Peneliti Berterimakasih atas Support Pemda

Pembaca : 7
20211105_191746

ALAIMBELONG.ID – Luwuk. Tim Peneliti dari Universitas Gunadarma Jakarta, Rabu (4/11/2021) menggelar Seminar Nasional di Ruang Rapat Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai.

Kegiatan dengan tema Implementasi Kebijakan Kearifan Lokal dalam Membangun suku Bangsa Banggai yang disponsori oleh Kementerian Riset dan Teknologi tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Banggai Furqanudin Masulili.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, tentu kami sangat mengapreasi kegiatan seminar ini, apa yang dilakukan oleh Dr. Nuriyati Samatan dan tim dari Universitas Gunadarma yang melakukan riset tentang kearifan lokal Banggai selaras dengan visi-misi pemerintah daerah yakni terwujudnya Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtera berbasis Kearifan Lokal,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti, Dr. Nuriyati Samatan dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan berbagai pihak khususnya pemerintah daerah Kabupaten Banggai yang telah menjadi tuan rumah dari kegiatan Seminar Nasional tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kami, khususnya kepada Pemda Banggai yang telah berkenan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. Apa yang kami lakukan terkait riset ini tidak lepas dari rasa keterpanggilan kami sebuah putera daerah Banggai yang ingin memberi legacy pada generasi berikutnya. Karenanya kami memandang penting untuk meneliti kearifan lokal Banggai yang kemudian hasilnya buatkan dalam buku kurikum bahan ajar di sekolah SD, SMP dan SMA di tiga Banggai bersaudara,”jelasnya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Jakarta itu menerangkan bahwa Seminar Nasional ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari riset kearifan lokal Banggai setelah dirinya usai mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia untuk pengumpulan data di tahun pertama.

“Riset tentang kearifan lokal ini direncanakan berlangsung tiga tahun, dan seminar nasional ini dilakukan sebagai rangkaian dari pungumpulan data setelah saya berjalan di tiga Banggai ini, Banggai, Bangkep dan Balut lalu kemudian melanjutkan perjalanan untuk pengumpulan data ke beberapa daerah di Indonesia mulai dari Ternate, Bone, Buton, kemudian Demak lalu Jakarta dan kembali kesini untuk menggelar seminar nasional ini,”imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebagai keynote speaker dan yaitu Wakil Bupati Banggai Kepulauan, Salim Tanasa dan Sekertaris Tomundo Banggai Sopansyah Yunan. Sementara yakni Bosanyo Batui dan Pengkeari Batomundoan Banggai Achmad Abuhadjim.

Selain itu hadir pula dari kalangan akademisi yakni Wakil Rektor I Universitas Tompotika Luwuk, Dr. Isnanto Bidja, dari Universitas Muhammadiyah Luwuk dan Direktur Akademi Manajemen dan Informatika Nurmal Luwuk, Heri Sahidu serta para mahasiswa dari anggota Kerukunan Mahasiswa Indonesia Montolutusan Banggai (KaMIMo Banggai) Luwuk. *(DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Darat » Wabup Banggai Buka Seminar Nasional Kearifan Lokal, Ketua Tim Peneliti Berterimakasih atas Support Pemda