Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Canangkan Program Sosialisasi MOLA, KPU BangKep Launching ‘KPU MENGAJAR’
pasang-iklan-atas

Canangkan Program Sosialisasi MOLA, KPU BangKep Launching ‘KPU MENGAJAR’

Pembaca : 84
Screenshot_2023_1014_231437

ALAIMBELONG.ID – Salakan. Sebagai upaya meningkatkan kualitas Pemilih dalam Pemilu tahun 2024 mendatang, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Kepulauan melaunching sub program sosialisasi pendidikan pemilih dengan tajuk “KPU MENGAJAR” di SMAN 1 Tinangkung, Sabtu (14/10/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan Pemilihan Ketua OSIS tersebut dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Tinangkung, Alwiyah, S. Pd.,M. Pd beserta para dewan guru, sementra di pihak KPU hadir Ketua KPU BanggaiKep Supriatmo Lumuan, S.Sos.,M.Si bersama anggota yakni Fatharany Berkah Abdul Barry, S.Sos.,M.I.Pol, Ayub M. Tiah, S.Ag.,M.Pd dan Jamaludin Pobalos,S.Pd

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Tinangkung, Alwiyah mengatakan bahwa kerjasama antara KPU dan SMAN 1 Tinangkung sudah berlangsung selama 10 tahun.
“Kita sudah bekerjasama sejak tahun 2013 silam, KPU sudah menjadi mitra untuk mendidik anak-kita disini bagaimna berdemokrasi yang baik, dan hari ini kerjasama kemitraan itu terus kita lanjutkan,”ujarnya.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Tinangkung, Alwiyah mengatakan bahwa kerjasama antara KPU dan SMAN 1 Tinangkung sudah berlangsung selama 10 tahun.
“Kita sudah bekerjasama sejak tahun 2013 silam, KPU sudah menjadi mitra untuk mendidik anak-kita disini bagaimna berdemokrasi yang baik, dan hari ini kerjasama kemitraan itu terus kita lanjutkan,”ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU BanggaiKep, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fatharany Berkah Abdul Barry dalam arahannya, menjelaskan bahwa “KPU MENGAJAR” merupakan salah satu dari empat sub program dari Program Besar MONTIIKAN LABANO yaitu program sosialisasi pendidikan pemilih yang dicanangkan oleh Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Banggai Kepulauan.

“Jadi KPU MENGAJAR ini merupakan sub program dari empat program strategis KPU di bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih dengan tema besar Montiikan Labano atau manfaat menggunakan hak pilih yang kemudian disingkat MOLA, tiga sub program yang lain akan kita launching pada dalam waktu dekat, “ungkapnya.

Menurut Fatharany, “setidaknya ada dua alasan utama mengapa Launchingnya dilaksanakan di SMAN 1 Tinangkung, diantaranya adalah karena sub program KPU Mengajar berorientasi pada segmentasi pemilih pemula dan yang kedua karena SMAN 1 Tinangkung telah menjadi mitra dan percontohan sekolah demokrasi sejak lama,”tambahnya.

Acara Launching sub program KPU Mengajar di resmikan oleh ketua KPU Banggai Kepulauan,Supriatmo Lumuan.

Menurutnya, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya mengedukasi pemilih pemula agar mengambil peran penting dalam kehidupan demokrasi yang lebih baik.

“Program ini kami lakukan untuk menstransfer pikiran dan nutrisi yang konstruktif kepada pemilih pemula tentang informasi-informasi Pemilu tahun 2024 dan bagaimana tanggung jawab kita merawat demokrasi dengan menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab,”tukasnya.

“Oleh karena itu, hari itu kami pilih karena bertepatan dengan hari pemilihan ketua OSIS di SMA 1 Tinangkung. Mereka mengelolah kontestasi di sekolah dengan sangat baik untuk ukuran anak SMA, mereka membentuk KPO (Komisi Pemilihan Osis) dan mereka mempersiapkan debat kandidat bagi calon ketua OSIS. saya kira ini adalah harapan bagi negeri ini kalau anak-anak muda sudah mempersiapkan diri sejak dini serta memiliki pemahaman dan sikap yang baik bagi demokrasi. Kami di KPU melalui Program KPU MENGAJAR ingin semua sekolah memberi ruang bagi anak-anak di sekolah agar pengetahuan kepemiluaannya memadai sebagai modal menghadapi pemilu tahun 2024,”imbuhnya. *(ADN)

Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait