Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Jalan Rusak Akibat Curah Hujan Tinggi, Pemdes dan Masyarakat Gotong Royong Lakukan Perbaikan
pasang-iklan-atas

Jalan Rusak Akibat Curah Hujan Tinggi, Pemdes dan Masyarakat Gotong Royong Lakukan Perbaikan

Pembaca : 3
IMG_20210314_220339_837

ALAIMBELONG.ID – Salakan. Besarnya manfaat yang dirasakan masyarakat Sampekonan pasca dirintisnya jalan yang terhubung Desa Labibi – Sampekonan akhir 2020 lalu membuat Pemerintah Desa dan masyarakat secara suka rela bergotong royong memperbaiki ruas jalan rintisan tersebut yang mengalami kerusakan parah akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari.

“Semalam saya berkeliling kampung menggunajan pengeras suara seluruh masyarakat Sampekonan untuk kerja bakti bersama memperbaiki jalan rintisan Sampekonan – Labibi yang mengalami kerusakan akibat hujan yang terus menerus beberapa hari ini,” ucap Sekretaris BPD Labibi, Abdul Qawie Abdul Barry, S.Pd .id, Sabtu (13/3/2021).

Menurut Qawie, ajakan untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut mendapat krisis yang begitu antusias dari Pemerintah Desa dan seluruh komponen masyarakat.

Alhamdulillah antusiasme masyarakat begitu tinggi, hal ini buktikan keikutsertaan Tokoh-Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, serta Anggota BPD dan Kepala Desa di dalam kegiatan gotong royong, dalam hal memperbaiki saluran udara, sehingga aliran air hujan tidak melewati jalan yang berakibat rusaknya ruas jalan, “ujarnya.

Antusiasme masyarakat itu kata Qawie, tidak lepas dari manfaat yang dirasakan masyarakat pasca dirintisnya jalur jalan tersebut sehingga sangat memudahkan akses masyarakat ke desa Labibi dan ke Ibukota Kecamatan Peling Tengah (Pelteng) bila mereka (masyarakat-merah) yang berkaitan dengan segala pelayanan bentuk pemerintahan.

“Masyarakat begitu antusias ikut kerja bakti karena mereka merasa sangat terbantu dengan adanya jalan yang baru dirintis ini, terutama akses ke Desa Labibi dan Ibukota Kecamatan di Patukuki dalam hal urusan pelayanan kesehatan bahkan ke Salakan pun lebih dekat lewat jalur ini,” tambahnya.

Sementara itu, Tokoh Pendidik Awaldin Lambause, M.Pd menyampaikan bahwa mengingat manfaat jalan rintisan ini yang begitu strategis sebagai jalur perlintasan masyarakat Sampekonan -Labibi – Salakan atau Peling Tengah-Liang, maka masyarakat sudah sepatutnya ikut memperbaiki atau merawatnya tanpa harus menunggu pengaspalan dari Pemerintah Daerah.

“Saya kira tidak ada salahnya juga bila kita ikut memperbaiki jalan yang rusak ini, karena menunggu pengaspalan dari pemerintah jalannya masih keburu rusak. Oleh karena jalan ini sering kita gunakan dalam banyak hal dan memudahkan masyarakat di Kec. Pelteng tuk pergi ke Kec. Liang atau Agak, “katanya.

Meski demikian, Awaldin berharap pemerintah segera melakukan pengaspalan agar kemanfaatan proyek jalan rintisan ini benar-benar dapat merasakan manfaatnya dan menghindari kecelakaan berkendara.

“Mengingat kemanfaatan jalan rintisan ini yang begitu strategis sebagai perlintasan Kec. Peling Tengah dan Liang, kita berharap pemerintah harus mempercepat pengaspalan, agar juga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berupa kecelakaan berkendara,” imbuhnya.

Senada dengan Awaldin, Wakil Ketua Karang Taruna Puncak Keramat Sampekonan, Aminudin Dale, Amd.Kep mengatakan bahwa kegiatan gotong royong memperbaiki jalan ini kesalahan yang pertama dilakukan, sebelumnya sudah pernah dilakukan di jalur jalan Pal – Sampekonan dan wajarlah agar terus dilakukan mengigat manfaatnya bagi kepentingan umum.

“Saya kira ini bukan yang pertama, sebelumnya masyarakat dan karang taruna juga melakukan kerjabakti pengecoran jalan rusak jalur Pal – Sampekonan. Karena jalur ini di gunakan oleh masyarakat sampekonan ke Desa Labibi, Patukuki bahkan ke Salakan wajarlah kalo kita perbaiki sambil menunggu janji pengaspalan dari pemerintah, “pungkasnya. * (RB)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Jalan Rusak Akibat Curah Hujan Tinggi, Pemdes dan Masyarakat Gotong Royong Lakukan Perbaikan