Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Ketum MW KAHMI Sulteng Resmi Lantik MD KAHMI BanggaiKep Masa Bhakti 2022-2027
pasang-iklan-atas

Ketum MW KAHMI Sulteng Resmi Lantik MD KAHMI BanggaiKep Masa Bhakti 2022-2027

Pembaca : 73
IMG_20221010_174910_159

ALAIMBELONG.ID – Salakan. Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) dan Forum Alumni HMI-Wati atau FORHATI Banggai Kepulauan (Bangkep), Periode 2022-2027 resmi dilantik Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Sulawesi Tengah.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Presidium MW KAHMI Sulteng, H. Andi Mulhanan Tombolotutu, SH di Aula Pendopo Rumah Jabatan Wakil Bupati Banggai Kepulauan pada Jumat, (7/10/2022).

“Substansi utama pembentukan MD KAHMI yaitu mejaga sumber mata air, kaderisasi HMI dan bagaimana memanfaatkan potensi kader Alumni HMI diberbagai profesi. Tanggungjawab kaderisasi dalam hal menjaga HMI itu penting karena kalau tidak HMI maka tidak ada KAHMI. Yang kedua kader Alumni HMI ini sangat banyak dan lintas profesi, tiga sektor yang paling banyak itu akademisi, birokrat dan politisi, jaringan ini harus terus dibangun dan dirawat,”ungkap tokoh Sulteng yang akrab disapa kanda Tony itu dalam sambutannya.

“Artinya KAHMI bukan hanya menjaga sumber mata air saja tetapi juga membangun dan merawat jaringan antar komponen kader Alumni HMI yang lintas profesi itu atau diistilahkan HMI Conection,”tambahnya.

Lebih lanjut Andi Mulhanan menjelaskan sebaran alumni HMI hampir merata pada sektor politik, birokrasi dan akademisi, kecuali profesi disektor ekonomi yang masih sangat terbatas alumni HMI yang mengelutinya. Karenanya KAHMI mendorong para kader alumni HMI untuk menjadi pengusaha.

“Selama ini satunya sektor yang pemainnya itu-itu saja dan cenderung tidak berganti-ganti pelakunya adalah sektor ekonomi, karena kini KAHMI melalui Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) mendorong para kader alumni HMI untuk menjadi interpreneuship. Kita di Sulteng terkenal sebagai salah daerah yang memiliki kawasan tangkap perikanan yang luas. Hanya masalahnya ada 4 hal yang tidak kita miliki, yaitu modal, teknologi, skill dan pasar. Nah KAHMI bisa berkontribusi secara riil untuk mengurai masalah ini melalui peningkatan kopentensi kader dengan memanfaatkan jaringan KAHMI,”terangnya.

Sementara itu Koordinator Presidium MD KAHMI BanggaiKep, Muhammad Aris Susanto mengungkapkan, pelantikan MD KAHMI menjadi momentum awal yang menentukan kontribusi para alumni HMI dalam pembangunan daerah Banggai Kepulauan ke depan.

“Pelantikan ini memiliki arti penting dalam menentukan peran serta MD KAHMI dalam penataaan pembangunan di Banggai Kepulauan. Apalagi sekarang Pak Bupati Ihsan Basir sedang menggagas konsep Banggai Kepulauan sebagai kota IKAN (Indah Kreatif Aman dan Nyaman) dengan salah satu fokus penyelesaian masalahnya pada pengentasan kemiskinan,”ujarnya.

Selain itu kata Aris, keberadaan MD KAHMI BanggaiKep dapat berkontribusi secara riil dalam mendorong kehidupan berdaerah yang lebih berkeadilan dan sejahtera melalui penuntasan sejumlah kasus hukum dugaan tipikor, sinergitas yang harmonis antara eksekutif dan legislatif serta mendorong pembentukan Daerah Otonomi Baru di Timur Wilayah Sulawesi.

“Saya yakin keberadaan kita (KAHMI-red) dapat bermanfaat untuk daerah ini, karenanya kita akan mendorong penuntasan sejumlah kasus hukum, seperti pembobolan kas daerah tahun 2020. Mendorong terciptanya sinergitas antara eksekutif dan legislatif, serta yang paling penting dan strategis yaitu MD KAHMI BanggaiKep akan medorong pembetukan DOB baru di wilayah Sulewesi bagian Timur dengan nama Provinsi Banggai Raya dengan ibukota di Banggai Kepulauan,”tegasnya. *(RB)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *