Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Minta Sekdes Diberhentikan, Masyarakat Boluni Demo di Kantor Bupati Bangkep
pasang-iklan-atas

Minta Sekdes Diberhentikan, Masyarakat Boluni Demo di Kantor Bupati Bangkep

Pembaca :
IMG_20210222_160835_627

ALAIMBELONG.ID – Salakan. Puluhan masyarakat Desa Boluni Kecamatan Bulagi Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Senin (22/2/2021) siang menggelar aksi unjuk rasa di kantor Bupati Bangkep menuntut Bupati Bangkep Rais Adam, segera mencopot Sekretaris Desa (Sekdes) Boluni, Asaria Sambekene dari jabatan sebagai Sekdes karena sudah setahun lamanya tidak pernah masuk kantor.

“Kasihan masyarakat yang kalu ba urus apa-apa yang berkaitan dengan administrasi, tanda tangan Sekdes torang mo kase siapa yang tanda tangan akan kasian, “terang Tuni Sakaria salah seorang orator aksi.

Menurutnya, perihal masalah kelalaian Sekdes dalam melaksanakan tugasnya dengan tidak masuk kantor selama satu tahun sudah dikeluhkan dan disorot oleh masyarakat Boluni sejak lama bahkan sudah pernah diadukan ke Camat Bulagi Selatan dan Badan Pemberdayaan Masyakat Desa (BPMD), namun tak juga menemui hasil.

Soal ini sudah diadukan dan di mediasi masing-masing dua kali oleh Camat dan BPMD, namun tidak ada hasil Sekdes tetap tidak masuk kantor tapi tetap terima gaji. Sehingga hari ini kami datang menemui Bupati untuk meminta agar Sekdes diberhentikan karena sudah satu tahun tidak masuk kantor, “tambahnya.

Sementara itu orator massa aksi lainnya, Suyitno Basila menyampaikan agar Pemerintah Daerah segera menyikapi masyarakat ini agar kasus Sekdes ini dapat segera diselesaikan sehingga masyarakat mendapat kepastian dalam pelayanan di Desa.

“Pemda harus segera menyikapi hal ini, jangan biarkan masyarakat terlunta-lunta dalam masalah masalah administrasi di desa karena tidak adanya Sekdes,” ucapnya.

“Kami hadir di ibu kota Banggai Kepulauan meminta-minta kepada Pemerintah Daerah sebagai tempat mengadu dan mencari solusi atas permasalahan yang ada di desa Boluni bukan cari ribut dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Massa aksi masyarakat Boluni tersebut akhirnya diterima oleh Bupati Rais Adam dan digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang kerja Bupati yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Salim Tanasa, Kepala Bagian Hukum Setda Bangkep Kismanto serta Sekdis BPMD Ratnasari Dewi.

Kegiatan RDP berakhir dengan kesimpulan bahwa Bupati mengupayakan aspirasi mayarakat Desa Boluni untuk selanjutnya diakan pemanggilan Sekdes, Kades dan BPD tiga hari kemudian untuk ditindaklanjuti. * (NAS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *