Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Puluhan Rumah Warga di Desa Ponding-Ponding Diterjang Banjir Rob, 1 Hanyut dan 35 KK Mengungsi
pasang-iklan-atas

Puluhan Rumah Warga di Desa Ponding-Ponding Diterjang Banjir Rob, 1 Hanyut dan 35 KK Mengungsi

Pembaca : 1
IMG_20210220_210727_800

ALAIMBELONG.ID – Salakan : Puluhan rumah warga di Dusun I Desa Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan, Sabtu (20/2/2021) petang tadi terendam banjir setelah diterjang banjir rob akibat gelombang pasang air laut di bibir pantai. Dilaporkan 35 Kepala Keluarga (KK) dan 1 rumah warga di bagian teras dan dapur hanyut disapu gelombang.

Andri Saikim, salah seorang Aparat Desa Ponding-ponding kepada wartawan Alaimbelong.id mengatakan bahwa gelombang pasang mulai menghantam sejak hari Jumat kemarin namun belum sebesar hari ini.

“Ombak kancang itu memang sudah terjadi beberapa hari yang lalu, cuma memang tadi ini yang kancang butul,”ucapnya.

Menurutnya, akibat hantaman gelombang pasang yang berlangsung sejak Jumat kemarin tangggul pemecah ombak di pantai rusak parah sehingganya tidak sanggup menahan terjangan gelombang yang datang.

“Tanggul pemecah ombak juga sudah rusak parah, ada juga yang rusak tadi ini, jadi pas ombak hantam tidak ada yang batahan, jarak terjang air laut sampai 70 meter sekarang,”katanya.

Lebih lanjut kata Andri, sampai saat ini, sekitar 35 Kepala keluarga yang rumahnya terdampak banjir sementara mengungsi di Balai Desa Ponding-ponding.

“Dorang sementara mengungsi di Balai Desa Ponding-ponding, sekitar 35 KK, dorang pe Posko sementara disitu,”pungkasnya.

Sampai berita ini dirilis, dilaporkan intensitas gelombang masih tinggi dan belum menunjukan penurunan. *(DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Puluhan Rumah Warga di Desa Ponding-Ponding Diterjang Banjir Rob, 1 Hanyut dan 35 KK Mengungsi