Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Sukses Laksanakan Tiga Kegiatan Berbeda dalam Sehari, Pj.Kades Mamulusan : Masyarakat adalah Kuncinya
pasang-iklan-atas

Sukses Laksanakan Tiga Kegiatan Berbeda dalam Sehari, Pj.Kades Mamulusan : Masyarakat adalah Kuncinya

Pembaca :
IMG_20211007_154005_177

ALAIMBELONG.ID – Salakan. Awal bulan Oktober 2021 ini, Pemerintah Desa Mamulusan Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan membuat gebrakan fantastis dengan melaksanakan tiga kegiatan sekaligus pada hari yang sama.

Ketiga kegiatan yang berlangsung di Balai Desa setempat pada Rabu (6/10/2021) tersebut adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang) Desa tahun 2022, Penyaluran BLT-DD bulan Oktober 2021, dan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Desa Mamulusan.

Meski diapresiasi karena sukses menggelar tiga kegiatan berbeda dihari yang sama, namun Pejabat Kepala Desa (Pj. Kades) Mamulusan, Jalil Tangkudung, SH tetap merendah saat dimintai keterangannya oleh awak media.

“Sebenernya keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan itu adalah Masyarakat itu sendiri, saya hanya mengarahkan saja. Kalau saya sudah arahkan tapi masyarakatnya tidak mau tetap saja kegiatan apapun akan terkendala, jadi kuncinya itu adalah Masyarakat,”ucap Jalil saat ditemui diruang kerjanya.

Memang diakui, pria yang akrab disapa Jal itu, bahwa keberhasilan setiap pembangunan di desa dimulai dari kemampuan setiap pemimpin dalam memahami apa yang dirasakan dan diinginkan oleh masyarakat itu sendiri serta adanya rasa tanggunghawab.

“Jadi juga saya percaya bahwa keberhasilan dalam memimpin adalah bagaimana kita mampu memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh masyarakat, jadi kalau dibilang lelah iya lelah, tapi yang namanya juga pengabdian sudah begitu, karena sudah menjadi tanggung jawab,”tutup Jalil.

Namun kata dia, semua itu tidak akan berarti apa-apa bila masyarakat tidak mendukung, sehebat apapun pemimpinnya.

“Tetapi biar pemimpinnya sudah berusaha kalo masyarakatnya tidak mendukung dan sikap yang antusias, tentu juga tidak berarti. Yang paling utama pemimpin memahami kebutuhan masyarakat, masyarakat kemudian mendukung sehingga tercipta hubungan yang selaras antara pemimpin sebagai pengarah dengan masyarakat sebagai pihak yang diarahkan. Kalo sudah begitu maka sukseslah semua apa-apa yang dibikin,”pungkasnya. (DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Kepulauan » Sukses Laksanakan Tiga Kegiatan Berbeda dalam Sehari, Pj.Kades Mamulusan : Masyarakat adalah Kuncinya