Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Bawaslu Balut Terima Ratusan Berkas Pendaftar Calon Panwascam
pasang-iklan-atas

Bawaslu Balut Terima Ratusan Berkas Pendaftar Calon Panwascam

Pembaca : 206
IMG-20220928-WA0027

ALAIMBELONG.ID – Banggai. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai Laut (Balut) menerima ratusan berkas pendaftaran calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Pendaftaran Panwascam yang secara resmi ditutup pada tanggal 27 September kemarin dan diikuti ratusan calon tersebut yang tersebar di tujuh wilayah Kecamatan.

Data yang diperoleh dari Sekertariat Bawaslu Balut terkait jumlah Calon Panwascam, tercatat 138 pendaftar terdiri 110 laki-laki dan 28 Perempuan.

“Hingga hari terakhir pendaftaran, kami telah menerima 138 berkas pendaftaran Calon Panwascam,” terang Sekertaris Bawaslu Bahris H.Sudding pada Rabu, (28/9/2022)

Menurut Bahris pihaknya akan meneliti semua kelengkapan berkas sesuai mekanisme yang berlaku. “Jadi langkah selanjutnya kami akan melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran terhadap semua berkas yang diterima,”imbuhnya.

Menurutnya berkas pendaftaran akan diverifikasi kelengkapan pada 28-30 September 2022 dan akan diumumkan tanggal 12 Oktober 2022.

Tanggapan dan masukan masyarakat 12-18 Oktober, test tertulis 14-16 Oktober, pengumuman hasil test tertulis 17 Oktober, test wawancara 18-22 Oktober, dan pengumuman hasil test wawancara 25 Oktober.

Sementara itu Suparto Bungalo, Ketua Bawaslu  Balut mengatakan antusiasme masyarakat yang begitu besar dalam rekrutmen saat ini tidak terlepas dari kerja kerja staf dan Pokja dalam menyebarluaskan informasi.

“Ini sesuatu yang menggembirakan, tingginya minat masyarakat untuk mejadi Pengawas Pemilu menjadi tolak ukur keberhasilan teman-teman staf dan Pokja dalam hal strategi penyebaran informasi pendaftaran Panwascam di seluruh wilayah Banggai Laut dan ini kali pertama sepanjang rekrutmen Panwascam di Bawaslu Balut,”ucap Suparto

Pihaknya juga mengatakan, kondisi ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena jumlah pendaftar kurang maka perpanjangan pendaftaran diberlakukan, tapi ditahun ini opsi perpanjangan itu tidak diambil karena semua syarat telah terpenuhi,”pungkasnya. *(AdN)

Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait