Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Disponsori Kemenristek Dikti, Tim Peneliti Universitas Gunadarma Jakarta Gelar FGD Riset Kearifan Lokal di Balut
pasang-iklan-atas

Disponsori Kemenristek Dikti, Tim Peneliti Universitas Gunadarma Jakarta Gelar FGD Riset Kearifan Lokal di Balut

Pembaca : 1
IMG_20211016_101428_050

ALAIMBELONG.ID – Banggai. Tim Peneliti dari Universitas Gunadarma Jakarta yang dipimpin Dr. Nuriyati Samatan, Dra.,M.Ag, Rabu (13/10/2021) menggelar kegiatan Focus Group Discussion¬†(FGD) dengan menghadirkan para tokoh adat dilingkup kekeratonan Banggai serta tokoh masyarakat dan pemerhati Budaya sebagai narasumber dalam kegiatan yang bertajuk “Implementasi Kebijakan Kearifan Lokal dalam Membangun Suku Bangsa Banggai.”

Kegiatan yang belangsung di gedung SMA Negeri 1 Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut) itu dihadiri kurang lebih 15 orang sebagai narasumber diataranya, Muh. Syarif A. Uda’a (Sekretaris Batomundoan Banggai), Adrin Kunut (Basalo Sangkap Singgolok), Ahmad P. Radjab (Basalo Sangkap Katapean), Achmad Abuhadjim (Pangkeari Batomundoan Banggai), Achmad Buluan (Tokoh Masyarakat Banggai), Muhdar S. Puyu (Tokoh Masyarakat Labobo), Jumran (Tokoh Masyarakat Bokan Kepulauan), Fatharany Berkah Abdul Barry (Pemerhati Budaya Banggai), La Analuha La Hamente, M.Si (Kepala SMAN 1 Banggai) dll.

Dalam keterangan pendahuluannya, Ketua Tim Peneliti, Dr. Nuriyati Samatan, Dra.,M.Ag menjelaskan bahwa riset yang dipimpinnya tersebut merupakan riset yang disponsori oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), yang diajukan sejak tahun 2018 silam namun baru terealisasi tahun 2021.

“Saya menggundang bapak-bapak sekalian, dan yang hadir ini saya kira cukup refresentatif untuk membantu memberikan informasi data-data yang saya perlukan. Jadi penelitian tentang Kearifan lokal Banggai ini didanai oleh Kemenristek Dikti, sejak tahun 2018 sebenarnya sudah kami ajukan proposal untuk sponsor, dan kami awali dengan seminar nasional di Jakarta pada awal 2018, tapi baru tahun permohonan kami bisa direalisasikan,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma itu menjelaskan bahwa penelitian tentang kearifan lokal Banggai yang pimpinnya tersebut dilakukan di Dalam Negeri dan Luar Negeri.

“Pengumpulan data dari riset tentang Kearifan Lokal ini, selain akan dilakukan di tiga Banggai juga akan dilakukan di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki hubungan sejarah dan budaya dengan Banggai yakni Ternate, Bone, Buton, dan Demak. Untuk tiga Banggai kemarin kami lakukan FGD di Luwuk, Batui, dan Balantak, begitu juga di Bangkep, di Lolantang dan Lombi-Lombia dan hari ini di Banggai. Sementara untuk di Luar Negeri tahun depan kami akan Leiden-Belanda untuk melakukan penelitian manuscript,”tuturnya.

Nuriyati menambahkan, hasil dari riset ini akan susun oleh tim peneliti dalam bentuk buku yang nanti digunakan sebagai bahan ajar dalam kurikum pendidikan sekolah dasar, menengah dan atas di tiga wilayah Banggai.

“Jadi kami tidak sedang meneliti sejarah karena basic kami bukan sejarawan, kami meneliti nilai-nilai kearifan lokalnya, pendekatanya lebih pada penelitian Sosiologi-antropologi, hasil dari penelitian akan disusun oleh tim dalam bentuk buku untuk dijadikan bahan ajar mulai dari SD, SMP dan SMA di tiga wilayah Banggai,”imbuhnya.

Usai menerangkan maksud dan tujuan dari penelitian tersebut, para narasumber kemudian diberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan pembuka. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi untuk menggali data jenis-jenis nilai kearifan lokal Banggai yang ada dipraktekan secara turun temurun dalam kehidupan sosial masyarakat adat Banggai. Diskusi berlangsung selama kurang lebih 4 jam sejak pukul 11.00 dan dilanjutkan ba’dah sholat Zuhur hingga pukul 16.00 WITA. (DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Disponsori Kemenristek Dikti, Tim Peneliti Universitas Gunadarma Jakarta Gelar FGD Riset Kearifan Lokal di Balut

Disponsori Kemenristek Dikti, Tim Peneliti Universitas Gunadarma Jakarta Gelar FGD Riset Kearifan Lokal di Balut

[update-viewer]
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *