Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Mulai Habis Kesabaran,  GMLL Tuntut Layanan Listrik 24 Jam di Wilayah Labobo
pasang-iklan-atas

Mulai Habis Kesabaran,  GMLL Tuntut Layanan Listrik 24 Jam di Wilayah Labobo

Pembaca : 458
IMG_20230305_160023

ALAIMBELONG.ID-Banggai. Belum maksimalnya pelayanan listrik di wilayah Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Laut selama ini, sepertinya membuat masyarakat di wilayah itu mulai gerah. Pasalnya meskipun sudah sering dikeluhkan kepada Pemerintah Daerah baik eksekutif dan legislatif agar pelayanan listrik ditingkatkan menjadi 24 jam (siang-malam), namun hingga sekarang belum juga disikapi secara serius. Hal ini diungkapkan Rico Candra,  Koordinator Gerakan Masyarakat Lingkar Labobo (GMLL) kepada Alaimbelong.id, Sabtu, (4/3/2023).

Menurutnya, keluhan akan layanan listrik yang tidak maksimal itu merupakan keluhan masyarakat secara umum di wilayah Kecamatan Labobo yang dia peroleh dari hasil diskusi dengan banyak warga disejumlah desa. 

“Saya ini sudah turun berapa kali ke kampung lalu jalan-jalan dan diskusi di beberapa Desa, dorang kemudian banyak mengeluh persolan pelayanan lampu yang sering mati-mati. Dorang bilang coba kamu orang mahasiswa ini bantu suarakan dulu torang pelampu ini,  so tidak siang malam baru mati-mati lagi. Momengeluh akan di anggota dewan dan Bupati cuma habis di Reses dan Musrembang tapi tidak ada hasil,”ungkap Rico menirukan keluhan warga kepadanya. 

Karena itu kata Rico, dirinya kemudian membawa keresahan masyarakat tersebut untuk didiskusikan bersama rekan-rekannya di Kerukunan Mahasiswa Indonesia Montolutusan Banggai (KaMIMo Banggai). “Karena masyarakat mengeluh kepada kami, tentu kami sebagai mahasiswa punya tannggungjawab moral sebagai agen of change dan moral force,  maka kami sikapi, saya sudah diskusikan dengan teman-teman  saya di KaMIMo Banggai,  dan mereka menyatakan akan siap dan support gerakan ini,”ujarnya. 

Lebih lanjut mahasiswa semester akhir, jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk itu menyatakan, sebagai Koordinator GMLL pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah  Banggai Laut untuk segera memenuhi layanan dasar listrik 24 jam karena merupakan urusan wajib sesui dengan arahan Menteri ESDM.

“Kami bersama seluruh keluh kesah masyarakat Labobo meminta kepada Pemerintah Daerah supaya segera ditingkatkan pelayanan listrik siang-malam di wilayah Labobo.  Tuntutan ini sesuai dengan arahan Kementerian ESDM  yang menginstruksikan untuk meningkatkan mutu pelayanan di wilayah yang tenaga listriknya belum 24 jam/hari dan ditargetkan selesai pada tahun 2020, ini sudah tahun 2023,”tandasnya. 

Sebab menurut Rico, penyediaan Listrik 24 Jam merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah yang wajib hukumnya dipenuhi karena berkaitan dengan kebutuhan dasar yang bersifat primer. 

“Ini kebutuhan primer yang harusnya di prioritaskan oleh pemerintah daerah,  bukan hal-hal receh kesana yang diurus, penyediaan listrik 24 jam ini berkontribusi dalam pembangunan ekonomi masyarakat karena berpengaruh pada peningkatan produktifitas, ini yang seharusnya diurus bukan sibuk menyanyi trus, klaim prestasi sana sini padahal complang,”pungkas Rico seraya menyentil.  *(RB)

Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait