Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Peringati Hari Perempuan Sedunia, Teti Tangahu Bagi Tips Menjadi Perempuan Sukses
pasang-iklan-atas

Peringati Hari Perempuan Sedunia, Teti Tangahu Bagi Tips Menjadi Perempuan Sukses

Pembaca : 2
500118400129_62974

ALAIMBELONG.ID – Banggai. Hanya bisa diwarnai tanpa bisa mewarnai, itulah statemen umum penganut paham patriarki. Paham yang telah mendiskreditkan perempuan sehingganya perempuan selalu diposisikan di bagian belakang dan hanya menjadi pelengkap sebuah peradaban.

Internasional Women’s Day atau Hari perempuan Sedunia yang selalu diperingati setiap 8 Maret, merupakan gerakan kebangkitan perempuan melawan segala bentuk tindakan perbudakan serta berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap kaum perempuan.

Senin (8/3/2021) kemarin,
Tim Redaksi Alaimbelong.id mewawancarai salah satu tokoh perempuan Banggai Laut (Balut) yang memilih menghabiskan separuh usianya, dengan mendedikasikan diri sebagai seorang birokrat tulen di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Balut, dia bernama Ir. Teti Tangahu yang sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Banggai Laut.

Bunda Teti, biasa ia disapa oleh stafnya maupun kebanyakan orang di lingkungan kerjanya. Dikenal sebagai pemimpinan yang disiplin, tegas, dan berintegritas serta dikenal sebagai sosok perempuan kuat, sebab di tengah aktifitas yang begitu padat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), dia juga harus menjadi sosok ibu yang senantiasa berusaha memenuhi kewajiban dalam membangun keluarga.

Ditemui di ruang kerjanya, Bunda Teti membeberkan tips bagaimana menjadi pribadi yang sukses. Bunda Teti mengatakan bahwa dirinya selama ini selalu memegang 2 (dua) prinsip dalam hidup, Pertama, Jujur, dan yang Kedua, Menghargai Waktu. Menurutnya prinsip tersebut ia warisi dari lingkungan keluarganya, sejak masih kanak-kanak dan Insha Allah konsisten dijalankan sepanjang hidupnya, serta menjadi prinsip yang akan diwariskan kepada anak-anak, ungkapnya.

Dia juga menuturkan bahwa kejujuran dan kedisplinan, harus ditunjukan dimana saja kita berkerja. Sebab itu adalah hal yang paling prinsipil untuk menjadikan kita sebagai pribadi yang berkualitas.

Sebagai Kepala BAPPEDA dia menyadari banyak tantangan yang dihadapi, sehingga harus terus berfikir dan bekerja sekuat tenaga serta menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder, utamanya dengan seluruh pegawai di BAPPEDA, agar apa yang menjadi program dan tujuan berdaerah bisa sukses tercapai. Hal ini bukan persoalan gampang tapi ini merupakan amanah yang harus dilaksankan dan kewajiban yang harus ditunaikan.

Dirinya juga menjelasakan bahwa kualitas sebagai ASN akan diuji ketika diberikan amanah menduduki jabatan strategis. Olehnya itu, kita harus fokus bekerja, disiplin dalam segala hal, terus belajar, terus berdiskusi, mendengar saran dan masukan baik dari staf, rekan kerja dan pimpinan, sehingga harapan masyarakat dapat terwujud.

Dirinya pun berpesan kepada ASN yang masih muda dan memiliki karir yang masih panjang agar terus menunjukan prestasi kerjanya, biarlah penilain itu menjadi kewenangan pimpinan. Menurut keyakinannya, bahwa mereka yang berprestasi akan selalu menjadi orang-orang pilihan.

Diakhir wawancara, bunda Teti menyampaikan bahwa di momentum Women’s Day ini ia mengajak kepada kaum perempuan terutama yang berkerja sebagai ASN di lingkup Pemda Balut agar senantiasa menjadi perempuan yang mampu menunjukan prestasinya, bukan hanya di lingkungan kerjanya, tetapi terutama di lingkungan keluarga, karena sehebat apapun kita sebagai perempuan dalam soal karir, harus menyadari bahwa urusan dalam rumah tangga menjadi kewajiban mulia kita, terutama dalam membangun karakter anak-anak yang merupakan aset generasi penerus bangsa (DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Peringati Hari Perempuan Sedunia, Teti Tangahu Bagi Tips Menjadi Perempuan Sukses