Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Soal Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Kades, Kabag Hukum Sebut SK Bupati Keliru
pasang-iklan-atas

Soal Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Kades, Kabag Hukum Sebut SK Bupati Keliru

Pembaca : 1
20210527_002619

ALAIMBELONG.ID – Banggai. Dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Banggai Laut (Balut) tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat (Pj) Kepala Desa pada bulan April lalu dinilai keliru. Pasalnya, SK tersebut menerangkan bahwa Pemberhentian Kepala Desa (Kades) terhitung sejak tanggal 1 April 2021 dan Pj.Kades yang baru mulai melaksanakan tugasnya terhitung sejak tanggal 15 April 2021 sementara SK ditetapkan tertangal 19 April 2021.

Kekeliruan tersebut diakui Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Balut, Asyur Aswadi saat ditemui wartawan Alaimbelong.id, Senin (24/5/2021).

“Itu surat dari BPM, pemrakarsa dari BPM, bagian hukum hanya memeriksa, jadi itu surat sementara perbaikan dari BPM, dan akan diajukan lagi untuk perbaikan, setelah itu menunggu tandatangan Bupati, memang itu SK salah agak keliru,”ucapnya.

Sementara itu salah seorang Pj.Kades yang diberhentikan dan enggan disebutkan namanya dalam pemberitaan ini mengakui bahwa SK pemberhentiannya diterima di atas alpha pharma te koop tanggal 20 April 2021.

“Saya sudah lupa tanggal berapa SK pemberhentian itu saya terima yang pasti di atas tanggal 20-an, sementara pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 19 April saya masih berkantor di desa,”ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD & P3A) Balut, Masrin Saluhu mengakui tidak tahu menahu terkait SK Pengangkatan dan Pemberhentian para Pj. Kades itu, karena SK tersebut menurutnya dibuat atas inisiatif Rusli Ngange, salah seorang oknum pegagawainya di kantor PMD & P3A, yang mana kala itu Rusli Ngange yang disebut-sebut sebagai orang kepercayaan Bupati secara terang-terangan mengakui kepada wartawan bahwa tindakannya membuat SK tersebut karena diperintah oleh Bupati Sofyan Kaepa. (DONS)

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Soal Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Kades, Kabag Hukum Sebut SK Bupati Keliru