Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Wow, Ada Bisnis Foto Bupati dan Wabub Balut, Harganya Dibanderol Rp.1 Juta
pasang-iklan-atas

Wow, Ada Bisnis Foto Bupati dan Wabub Balut, Harganya Dibanderol Rp.1 Juta

Pembaca : 2
IMG_20210601_200100_750

ALAIMBELONG.ID – Banggai. Ada bisnis baru yang cukup menjanjikan di Kabupaten Banggai Laut, bukan bisnis soal property atau bisnis ikan asin, melainkan bisnis foto Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa dan Ablit Ilyas, berpakain dinas seragam putih- putih lengkap dengan atribut kebesarannya. Nilainya cukup fantastis, sepasang foto (Bupati dan Wabub) yang dijual ke Pemerintah Desa untuk dipajang disetiap Kantor Desa dihargai senilai Rp.1 juta.

Nilai ini bahkan jauh lebih mahal dari foto Presiden Republik Indonesi, Joko Widodo yang dijual luas disitus dan aplikasi jual beli online dengan harga hanya Rp.75 Ribu sampai dengan Rp.255 Ribu.

Dari hasil penelusuram media Alaimbelong.id, rupanya bisnis foto tersebut dijalankan oleh salah seorang oknum staf Pegawai di Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD & P3A) bernama Rusli Nggange dan bebrapa oknum lainnya yang disebut-sebut sebagai orang dekat Bupati Sofyan Kaepa dan Wabub Ablit Ilyas, dengan modus setiap kali pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) foto tersebut langsung diserahkan kepada Kepala Desa, dan pembayarannya dilakukan di Kantor PMD & P3A serta modus lainya berupa diantarkan langsung ke Kantor-kantor Desa.

“Ada, semua desa, tiap-tiap desa mengambil, cuma masih banyak juga yang belum ba ambe depe harga Rp.1 juta perset,”ujar Rusli saat dikonfirmsi oleh reporter Alaimbelong.id beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Rusli mengatakan bahwa foto tersebut bukan merupakan proyek PMD & P3A dan tidak masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa).

“Bukan merupakan proyek dari dinas, dan juga tidak ada dalam APBDesa, tapi itu punya salah satu tim suksesnya Pak Sofyan yang mendampingi desa-desa,”tambahnya.

Sementara itu, salah seorang Kepala Desa yang berhasil dikonfirmasi oleh reporter Alaimbelong.id pada bebarapa waktu lalu, mengakui bahwa pihaknya telah membeli foto tersebut dengan harga Rp.1 juta.

“Iyo butuul sudah, saya ambil 1 pasang Rp. 1 juta, sama pak Rusli, tiba-tiba dia suruh-suruh ambil karena di Dinas itu tempatnya, di PMD situ, karena kebetulan dia kerja disitu,”terang Husni Laderi Kepala Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan.

Husni juga mengakui bahwa foto Bupati-Wabub itu tidak termasuk kegiatan yang tercantum dalam APBDes.

“Kalau torang di desa tidak ada perencanaannya, tidak masuk dalam APBDes,”imbuhnya
(DONS).

Share :
Print Friendly, PDF & Email
Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home » Lipu Papalan » Banggai Laut » Wow, Ada Bisnis Foto Bupati dan Wabub Balut, Harganya Dibanderol Rp.1 Juta